Anambas Samudera Kepri

Upacara Bendera Bawah Laut Sukses Dilaksanakan Bertempat di Pulau Baruk Kabupaten Anambas

Upacara Bendera Bawah Laut Sukses Dilaksanakan Bertempat di Pulau Baruk Kabupaten Anambas

Anambas, SK.co.id -Pangkalan TNI AL Tarempa, melaksanakan Upacara di dasar laut dalam memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-76.

Upacara pengibaran sang Merah Putih di bawah laut sukses diselenggarakan oleh Pangkalan TNI AL Tarempa, yang juga merupakan bentuk sinergitas TNI/ Polri dan kerjasama yang baik dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Kepulauan Anambas serta dukungan dari rekan-rekan penyelam di Anambas yang tergabung dalam Napoleon Anambas Dive Centre.

Upacara Bendera Bawah Laut Sukses Dilaksanakan Bertempat di Pulau Baruk Kabupaten Anambas

Upacara dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Agustus 2021, pukul 13.00 s.d 13.40 WIB. di perairan sekitar pulau Baruk, tepatnya pada posisi 03°22′.400″ Lintang Utara dan 106°15′.841″ Bujur Timur pada kedalaman 6 s.d 8 meter, dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla.

Seluruh Rangkaian upacara pengibaran Bendera kebangsaan Merah Putih di bawah laut dilaksanakan dengan khidmad selama lebih kurang 40 menit, mulai dari persiapan pasukan, Penggerek bendera memasuki tempat upacara, Pengibaran Bendera dan penghormatan dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Tarempa selaku Inspektur upacara kemudian setelah selesai penghormatan, upacara selesai dilanjutkan dengan sesi foto bersama, peserta upacara berjumlah 25 orang gabungan dari TNI, Polri, Pemda dan Komunitas selam, terbagi menjadi Dua pasukan yaitu pasukan 17 dan pasukan 8, melambangkan tanggal 17 dan bulan 8 atau Agustus.

Upacara Bendera Bawah Laut Sukses Dilaksanakan Bertempat di Pulau Baruk Kabupaten Anambas

Komandan Lanal Tarempa dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi baik secara langsug sebagai peserta maupun tidak langsung sebagai pendukung atas terselenggaranya Upacara pengibaran bendera di bawah laut ini dengan sukses.

“Hal ini tidak lain dan tidak bukan, adalah merupakan salah satu wujud dari kecintaan dan pengabdian kita kepada negara tercinta NKRI, ditengah masa Pandemi Covid-19, kita masih berupaya dan terbukti mampu memberikan yang terbaik kepada bangsa dengan cara memeriahkan HUT kemerdekaan Republik Indonesia walaupun kegiatan ini teramat jauh apabila dibandingkan dengan jasa para Pahlawan pendahulu kita dalam upaya merebut dan mempertahankan Kemerdekaan ini, mereka sanggup mengorbankan harta, darah, keluarga bahkan nyawa sekalipun, setidaknya kegiatan ini dapat membangkitkan rasa nasionalisme kita,” ujar Danlanal Tarempa.

Selain itu, Bpk. Sekda Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, S.H., M.M mewakili Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan “Saya sangat Bangga karena secara langsung bisa ikut serta dalam acara pengibaran bendera di dalam laut, saya berterimakasih atas terselenggaranya acara ini, semoga acara ini dapat menjadikan Kabupaten Kepulauan Anambas semakin dikenal di khalayak umum, sehingga mereka tahu bahwa ada Kabupaten di perbatasan yang menjadi cerminan sebagai penjaga perbatasan, kami bersama FKPD, siap menjaga perbatasan, NKRI harga mati” ucap Sahtiar.

Sejaln dengan itu, Komandan Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Matak, Mayor Laut (P) Agus Bakhrudin menambahkan Dengan dijiwai semangat Kemerdekaan RI, pengibaran Bendera Merah Putih di kedalaman laut menjadi wujud nyata Sinergitas TNI Polri, bersama rakyat maritim Kepulauan siap mengawal kokohnya NKRI menuju Indonesia tangguh, Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-76, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Rangkaian upacara pengibaran bendera Merah Putih ini melibatkan beberapa unsur baik dari TNI AL Lanal Tarempa, Polres KKA, Pemda dan Dive Club, yaitu KAL. Pulau Siantan I-4-52, KAL. Ambulance I-4-59, Patkamla Tarempa I-4-29, Speed Boat Satpolair KKA, Speed Boat milik DKP dan Speed Boat milik Napoleon Anambas Dive Centre.(Red).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: