Anambas Samudera Kepri

Pemerintah KKA Mendukung Komitmen Telkom Dalam Pemerataan Komunikasi Wilayah 3T dan Perbatasan

Pemerintah KKA Mendukung Komitmen Telkom Dalam Pemerataan Komunikasi Wilayah 3T dan Perbatasan

Anambas, SK.co.id – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas terus menggesa percepatan perluasan konektivitas di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Berbagai upaya Pemerintah Daerah dalam mendukung pemanfaatan program strategis nasional tulang punggung kabel serat optik Palapa Ring Barat dalam rangka pemerataan akses telekomunikasi di wilayah 3T dan Perbatasan.

Pemerintah KKA Mendukung Komitmen Telkom Dalam Pemerataan Komunikasi Wilayah 3T dan Perbatasan

Tujuan dari pembangunan dan pemerataan akses telekomunikasi di wilayah 3T dan Perbatasan agar ketersediaan layanan komunikasi dari voice hingga broadband sampai keseluruh Desa Terjadi efisiensi investasi yang akan mendorong tarif telekomunikasi semakin murah. Serta mendukung percepatan pembangunan di sejumlah sektor seperti Pendidikan,Kesehatan,Pariwisata,Perikanan, Perdagangan, dan lainnya.

Rapat koordinasi rencana pembangunan tower BTS sinyal 4G Telkomsel di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas berlangsung, di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Bupati Pasir Peti Kamis, (29/4/2021) bersama pihak Telkomsel.

Pada paparan pembukaan rapat tersebut GM Telkomsel, Alvo menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah untuk selalu support terus dan berperan aktif membantu Telkom dan Telkomsel untuk terus berbenah dan memperluas layanan Telkomsel sampai ke perbatasan. Dalam peningkatan layanan sampai ke pelosok negeri, penambahan Tower BTS yang dibangun Telkomsel di Desa Teluk Sunting dan Desa Ladan ditargetkan akan rampung dalan waktu dekat.

“Mudah-mudahan bisa on air dan dirasakan masyarakat akhir juni jika tidak ada halangan” harap Alvo.

Dalam rapat koordinasi tersebut juga GM Witel Rikep, Subhan mengatakan Survey SKKL Tarempa – Jemaja & Tarempa – Palmatak dilakukan oleh Tim Telkom pada tanggal 26 April – 28 April yang mana untuk survey landing point jemaja pada 26 april 2021 dan survey landing point palmatak pada 27 april 2021.

“Untuk pembangunan sudah optimis dari pihak Telkom dan bisa dipastikan akan dimulai pembangunannya Tahun 2021” jelas Subhan.

Disamping itu, PLN selaku penyedia jasa listrik juga turut berpartisipasi aktif memperluas jangkauan internet 4G di Indonesia, yakni dengan menyediakan akses listrik yang mumpuni sehingga bisa menunjang tower base transceiver station atau BTS Telkom di berbagai pelosok negeri.

Terakhir Kepala Telkom Tarempa, Edwad mengungkapkan sejak adanya Fiber Optik, Telkom sudah banyak pembangungan seperti tower dan indihome. Pembangunan tersebut sudah terealisasi di Kecamatan Siantan dan Kecamatan Palmatak. Menurut survey, antusias masyarakat sangat bagus dengan adanya pembangunan SKKL di Palmatak dan Jemaja, Telkom siap untuk pembangunan indihome, ungkap Edwad.

“Dipulau siantan masih ada beberapa daerah yang belum 4G seperti air bini dengan terap, lebih kurang 7 km, Telkom berharap adanya pembangunan Fiber Optik dibeberapa lokasi yang belum terhubung” jelas Edward.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH., MM menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah memberikan dukungan penuh terkait pembangunan Tower 4G tersebut.

“Pemerintah Daerah berharap jika ada kendala segera disampaikan agar tidak tertunda terkait pembangunan dan keterkaitan Tim Koordinasi dan Penataan Ruang Daerah (TKPRD) agar Telkom membuat surat agar bisa lebih cepat” pungkas Sahtiar.

Turut hadir pada rapat tersebut Sekretaris Daerah Kab.Kep. Anambas, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kab.Kep.Anambas, General Manager Network Telkomsel Sembagteng.(Red).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: