Anambas Samudera Kepri

Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas Tetap Tenang, Waspada dan Siaga Covid – 19 Bisa Sembuh

SK, Anambas – Tim surveilans Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Tim Surveilans UPT Puskesmas Tarempa telah melakukan penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap Bapak DT dan keluarga pada tanggal 16 April 2020 pukul 23.21 Wib.

Kronologis atas kejadian di Desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan atas nama Bapak DT usia 56 Tahun.

Bapak DT tinggal bersama dengan istrinya Ny. L (38 Th) dan 4 orang anak EK (PR/20 Th), An. NR (PR/15 Tahun), An. SA (PR/12 Tahun) dan An. P (PR/4 Tahun).

Setelah dilakukan PE langsung dengan Bapak DT didapat hasil sebagai berikut :
– Bapak DT tidak melakukan perjalanan ke luar daerah dalam kurun waktu dari januari sampai dengan 16 April 2020.

Tanggal 26 Maret 2020 Bapak DT berobat ke klinik Anmabas Sehat Mandiri dengan keluhan Nyeri Pinggang / Low Back Pain diberikan terapi pengobatan.

Pada tanggal 13 April 2020 Bapak DT berobat ke UPT Puskesmas Tarempa dengan keluhan demam / Observasi Febris diberikan terapi pengobatan.

Pada tanggal 14 April 2020 Bapak DT datang ke UPT RSUD Tarempa pukul 19.00 Wib dangan keluhan Demam, menggigil dan di diagnosa oleh dokter Demam / Observasi Febris Hari ke 4 dilakukan pengambilan sampel darah dengan hasil Leukopeni Thrombocytopenia menurun, selanjutnya Bapak DT di Rawat Inap.

Pada tanggal 15 April 2020 dilakukan kembali pengambilan sampel darah dengan hasil Leukopeni Thrombocytopenia semakin menurun, Bapak DT diagnosa Observasi Febris Hari ke 5 dengan Viral Infection berdasarkan anamnesa (riwayat kesehatan dari seseorang pasien) dokter tersebut dilakukan pengujian sampel Laboratorium lengkap dengan hasil pengujian Negatif (-) dan pengujian sampel Rapid test Covid – 19 dengan hasil Non Reaktif (-).

Pada tanggal 16 April 2020 pukul 07.05 Wib pada saat dilakukan visite dokter terhadap Bapak DT, suhu tubuh Bapak DT 36,8 °C diagnosa Observasi Febris ke 6 dengan Viral Infection. Pada pukul 19.00 WIB Bapak DT mengalami demam dengan suhu tubuh 37,8°C dan dilakukan pengujian sampel Laboratorium lengkap dengan hasil pengujian Demam Berdarah (DBD) Positif (+) dan hasil pengujian Rapid test Covid 19 Reaktif (+).

Selanjutnya tim juga melakukan penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap isteri dan keempat anaknya dan didapatkan hasil sebagai berikut :

– Ibu L (istri) dan keempat anaknya tidak mengalami keluhan.
– Bapak DT berserta keluarga tidak mengalami riwayat perjalanan ke luar daerah dan selama kurun waktu 2 minggu terakhir ini tidak pernah kontak langsung dengan orang yang melakukan perjalanan ke luar daerah dan orang yang melakukan isolasi mandiri.

Setelah penyelidikan Epidemiologi (PE) ini dilakukan, Tim menerapkan prosedur isolasi mandiri dirumah terhadap istri bapak DT yaitu Ny L beserta ke empat anaknya dimulai dari 17 april 2020 sampai 14 hari kedepan (1 mei 2020) dan akan terus dipantau perkembangannya oleh tim surveilans dari UPT Puskesmas Tarempa setiap hari.(***)

Sumber : – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 KKA

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: