Anambas Samudera Kepri

BUMDes Permata Bukit Padi Jadi Perantara Pemasaran Hasil Panen Padi, Masyarakat Harapkan Perhatian Pemda

BUMDes Permata Bukit Padi Jadi Perantara Pemasaran Hasil Panen Padi, Masyarakat Harapkan Perhatian Pemda

Anambas, SK.co.id – Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan daerah dimana sebagian besar wilayahnya merupakan lautan dengan presentasi 98,65%, yang artinya hanya 1,35 % saja daratan yang terdiri dari 255 pulau.

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa disalah satu pulaunya menyimpan potensi pertanian yang dapat diandalkan oleh Pemerintah Kabupaten Anambas menuju swasembada pangan, yaitu Pulau Jemaja yang luasnya sekitar 269,72 km2 terdiri dari 3 Kecamatan yakni Kecamatan Jemaja, Kecamatan Jemaja Timur dan Kecamatan Jemaja Barat.

Titik potensi pertanian tersebut terdapat di Kecamatan Jemaja Timur tepatnya di Desa Bukit Padi, daerah ini memiliki potensi lahan persawahan untuk ditanami padi, sejak lama lagi.

Saat ini Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Permata Desa Bukit Padi menjadi perantara untuk memasarkan hasil panen petani, oleh karena itu para petani berharap pemerintah Daerah Kabupaten Anambas dapat lebih memperhatikan hasil pertanian lokal khususnya dalam pendistribusian dan penjualan.

Seperti yang disampaikan pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Permata Desa Bukit Padi, hasil dari panen petani di jual ke BUMDes, dan pihak kami lah yang memasarkannya menjualnya ke konsumen di anambas, itu pun belum banyak yang tahu, semoga dengan ini masyarakat anambas maupun luar anambas tahu kalau BUMDes Permata ada menjual beras hasil panen petani lokal, hasil dari petani Desa Bukit Padi Anambas. Rabu (07/04/2021).

“Beras yang di hasilkan petani di sini ada dua jenis seperti beras biasa dan juga beras organik, beras biasa di jual seharga Rp. 13 Ribu Rupiah, sedangkan beras organik di jual seharga Rp. 17 Ribu Rupiah, untuk karung dengan berat 5 kg, 10 Kg, dan juga 25 kg, bila masyarakat ingin membeli silakan hubungi pengurus BUMDes Permata Bukit Padi”. Ucap Nopi salah satu pengurus BUMDes.

Bukan tidak mungkin bahwa hasil pertanian berupa beras di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur ini menjadi penyangga kebutuhan beras di Kabupaten Anambas bahkan di Provinsi Kepulauan Riau. (Riandi/Red).

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: